16.8 C
New York
Rabu, 14 April 2021
Beranda Destinasi Wisata Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje

JENIS : Wisata Pantai  

LOKASI: Desa/Kecamatan: Karyasari, Kecamatan : Cibalong, Kabupaten: Garut, Jarak dari ibu kota : 97 Km  

POTENSI: Daya Tarik 

Pantai Karang Paranje adalah salah satu DTW wisata pantai di Kabupaten Garut yang belum dikembangkan menjadi DTW wisata. Suhu udara di DTW ini antara 17°-27° C. Sinar matahari di pantai  ini  rata-rata  terik  dan  mempunyai tiupan angin cukup besar. Pantai ini mempunyai potensi wisata berupa keindahan alam pantai dengan terdapatnya gugusan karang di tepi pantai, sehingga pantai ini memiliki keunikkan dan daya tarik tersendiri.   

Di pantai ini hanya terdapat sebuah lapangan bola dan jembatan yang menghubungkan antara daratan dengan pesisir pantai Karang Paranje serta sebuah danau alami yang sering digunakan masyarakat untuk menangkap ikan.atau berenang. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di pantai ini adalah menikmati pemandangan pantai, memancing, fotografi, bermain di pantai, berjalan-jalan dan melihat matahari tenggelam. Aktivitas yang dapat dikembangkan antara lain: berperahu, berjemur, spooning nook, dan olah raga air. 

Pantai Karang Paranje yang tenang,  indah dan damai ini ternyata memiliki kaitan erat dengan sebuah dongeng masyarakat lokal. Ceritanya ada seorang putri raja  yang yang cantik nan jelita yang suka pada nyabung ayam. Sang raja ingin mencarikan jodohnya dengan disayembarakan pada para ksatria/jawara untuk bertarung, hingga memunculkan satu orang pemenang yang berhak mempersunting putri.  Pemenang dari sayembara itu adalah seorang kstaria yang jelek wajahnya sehingga sang putri menolaknya dan dia melarikan diri di balik karang-karang yang berada di tepi pantai sambil membawa ayam aduan kesayangannya. 

Pantai ini mempunyai potensi wisata berupa keindahan alam pantai dengan terdapatnya gugusan karang di tepi pantai, sehingga pantai ini memiliki keunikan dan daya tarik untuk dikembangkan sebagai objek wisata. Dari pantai karang paranje juga dapat dinikmati suasana sore yang eksotis untuk melihat matahari terbenam (sunset) secara jelas ditepi pantai tersebut

Untuk daerah tepi pantai flora dominannya adalah pandan bidur yang daunnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat anyaman oleh penduduk sekitar.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di daya tarik wisata ini adalah menikmati pemandangan pantai (sightseeing), memancing, fotografi, bermain di pantai, berjalan-jalan, dan melihat matahari tenggelam (sunset). Untuk aktivitas yang berpotensi untuk dikembangkan antara lain : berperahu, berjemur, spooning nook, dan olah raga air.

Luas Lokasi : 12 – 13 Ha. 

Aksesibilitas :  Tersedianya jalan menuju ke lokasi dengan kualitas jalan  beraspal dan berhotmik. Sudah dilayanai oleh angkutan Umum. Transportasi  umum yang tersedia berupa Micro bus yang tidak terjadwal yang beroperasi dari jam 5 pagi hingga jam 5 sore; Micro Bus (mobil elf) antara Garut–Cibalong dan ojeg. 

Pengelola : Masyarakat 

Berita berikutnyaTegal Panjang Garut

Most Popular

Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia Tingkat Jawa Barat(FEKDI JABAR)

Jum'at 9 April 2021 Kabupaten Garut bertempat di Pendopo Kabupaten Garut pada acara Deklarasi Pembentukan TP2DD dalam Rangka Sinergi dan Akselerasi...

Diskusi Dan Pemutaran Film Pendek

Pada 5 April 2021, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut mengadakan acara Diskusi...

Festival Kesenian Bangreng

Pada 2-4 April 2021, Disparbud Kabupaten Garut mengadakan Lomba Kesenian Tradisional Bangreng se-Kecamatan Cilawu yang merupakan bagian dari Festival Kebudayaan. Acara ini...

Recent Comments