18.9 C
New York
Sabtu, 15 Mei 2021
Beranda Informasi Berita Pagelaran Gebyar Pesona Budaya Garut 2019

Pagelaran Gebyar Pesona Budaya Garut 2019

Kegiatan Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG 2019) dalam rangka Hari Jadi garut yang ke 206 resmi digelar pada tanggal 6 April 2019 di Alun-alun Garut. Pembukaan ditandai dengan pemukulan rampak kendang yang dipimpin Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan, Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik, Kepala Dinas Pariwisata Garut Budi Gan Gan dan Fokopimda serta para Duta Besar negara sahabat.

Dalam laporan Panitia GPBG 2019 Bapak Kepala Dinas Pariwsata dan Kebudayaan Kab. Garut Kegiatan ini merupakan kebanggaan Kabupaten Garut karena memiliki berbagai atraksi dan helaran Seni serta budaya event ini merupakan perhelatan tahunan, 123 event dan masuk Dalam 100 Calendar of Event yang ke dua kalinya Oleh karenanya dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak khususnya Kementerian Pariwisata. Tidak hanya itu, destinasi wisata di Garut juga perlu dikembangkan lagi untuk mendukung atraksi yang ada di Kabupaten Garut dalam perhelatan GPBG 2019 sudah ke 17 kali diselenggarakan.

Bupati Garut Bapak Rudy Gunawan mengatakan Gebyar Pesona Budaya Garut adalah momen tepat untuk mengangkat potensi wisata yang ada di daerahnya.Momen ini harus dimanfaatkan. Karena, saat event dimulai, perhatian wisatawan akan tertuju ke Garut. Saat itulah kita mengenalkan kekayaan alam, budaya, dan buatan yang kita miliki. Kita sampaikan jika Garut tu indah, Garut itu ramah, dan budayanya keren

Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan, pelaksanaan GPBG 2019 berlangsung lebih istimewa dari biasanya. Karena, sudah menjadi bagian dari Calendar of Event Kementerian Pariwisata. Gaungnya lebih terasa.

Komisi X DPR RI Bapak Ferdiansyah mengatakan, saat ini Garut sudah melakukan Co-Branding bersama Kementerian Pariwista yakni Wonderful Indonesia Pesona Garut. Dengan tagline Pesona Garut Maju Berbudaya serta memperkenalkan Menu Khas Garut yaitu makanan Pembuka Burayot Makanannya Nasi Liwet Domba Garut dan minuman penutup Es Goyobod.

Sambutan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Bapak Arief Yahya bahwa Garut punya 123 event, lebih banyak dari Banyuwangi yang punya 99 event tahun ini. Saya yakin bila event-event ini dikelola dengan baik, akan mendatangkan wisatawan ke Garut,Menpar Arief Yahya juga meminta dibangun 3 Destinasi digital di Garut untuk Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Selain itu, juga dilakukan sertifikasi kepada prodi yang ada di Garut diupgrade menjadi level ASEAN Tolong dibuatkan minimal 3 pasar digital di Garut. Manfaatkan anak-anak muda di Garut seperti GenPI. Sebab, saat ini untuk mempromosikan pariwisata harus menggunakan digital.

Di pembukaan Gebyar Pesona  Budaya Garut 2019, juga ada pemecahan rekor memainkan alat musik Celentung Bambu. Alat ini dimainkan 206 orang masyarakat Kecamatan Selaawi Garut, pencatat Rekor RHR tersebut yang berbasis di Amerika Serikat itu menilai permainan celentung layak mendapatkan Rekor yang digelar di Alun-alun Garut dilanjut dengan penampilan dari komunitas Anak Berkebutuhan Khusus menampilkan keahliannya dalam bernyanyi jaipong serta silat, dimalam harinya ada Tarian Kolosal "Garut Tandang Ngahibarkeun Dangiang yang di selenggarakan di Alun-alun juga dengan Jumlah penari sebanyak 350 orang dari berbagai perguruan tinggi dan SMA/SMK se-Kabupaten Garut,potensi seni budaya lokal Garut cukup melimpah untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata baru di Jawa Barat. “Asal ada keinginan yang kuat semua pihak, semua bisa dilakukan, apalagi jika tol Cigatas dan kereta api sudah aktif.

Most Popular

Bimbingan teknis Strategi Komunikasi Peningkatan Hubungan Kerjasama dengan Mitra Kerja

Pada 27 April 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Biro Komunikasi Sekretariat Kementerian mengadakan bimbingan teknis tentang Strategi Komunikasi Peningkatan Hubungan...

Pemutaran Film

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mensosialisasikan nilai-nilai budaya bangsa yang harus dijaga oleh seluruh elemen masyarakat melalui kegiatan nonton bersama film layar...

Recent Comments