Image Gallery Post

Yuk Kunjungi TOP 10 Objek Destinasi Tujuan Wisata yang ada di Garut

Selain dikenal sebagai Kota Dodol, Garut juga dikenal karena memiliki berbagai tempat wisata alam dan buatan yang unik dengan view yang indah. Kota Garut memiliki banyak pegunungan yang tinggi sehingga cuacanya lebih dingin dan sejuk dibanding kota lainnya, sehingga cocok untuk dijadikan destinasi berlibur anda dari hiruk pikuk perkotaan. Kami akan merekomendasikan Top 10 Objek Destinasi Tujuan Wisata (ODTW) yang ada di Garut. Jangan sampai anda melewatkan kesempatan untuk mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di kota dodol ini ketika anda berkunjung ke Garut ya!

 

1. Situ dan Candi Cangkuang

Situ dan candi Cangkuang merupakan candi Hindu Peninggalan Kerajaan Sunda Galuh yang terdapat di pemukimamn adat Kampung Pulo dan terletak di sebuah daratan di tengah danau kecil (situ), sehingga untuk mencapai tempat tersebut pengunjung harus menggunakan rakit. Situ dan Candi Cangkuang berlokasi di Desa Cangkuang, Kec. Leles kab. Garut. Dikawasan ini terdapat makam embah Dalem Arief Muhammad dan sebuah museum yang dipergunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan kebudayaan seperti Al Qur’an dan naskah kuno. Candi Cangkuang dapat diakses dari alun-alun Kec. Leles dengan jarak tempuh sekitar 4 km atau 18 km dari pusat kota Garut dengan estimasi waktu sekitar 40 menit. Setelah anda menaiki rakit, anda akan sedikit berjalan kaki untuk menuju Kawasan Candi Cangkuang. Selama anda berjalan kai anda kan menemukan banyak pedagang yang menjual berbagai souvenir khas Candi Cangkuang juga berbagai makanan khas Cangkuang seperti Kue Burayot.

2. Kawasan Wisata Kamojang

Objek Wisata Kamojang berlokasi di Kawasan yang sama dengan kawasan PT Indonesia Power dan PT Pertamina Geotermal Energy. Di Kawasan wisata Kamojang anda akan menjumpai beragam kawah. Untuk sampai ke wisata ini dapat menggunakan dua jalur berbeda, yaitu via Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Suasana alam sangat asri di Kawasan Kamojang, udara yang sejuk dan pemandangan alam yang bernuansa hijau menghiasi Kawasan Kamojang. Ketika berkunjung kesini, anda akan mencium bau belerang yang menyengat yang mana menjadi salah satu ciri khas dari objek wisata Kamojang. Kawasan kamojang memiliki banyak kawah, diantaranya Kawah Manuk, Kawah Berecek, Kawah Kereta Api dan Kawah Hujan yang mana setiap kawah tersebut memiliki beragam keunikannya sendiri

Seperti Kawah manuk yang mengeluarkan suara seperti burung, sehingga memiliki nama kawah “manuk” yang mana dalam Bahasa sunda berarti Burung. Tak hanya bersuara seperti burung, Kawasan kawah tersebut juga sering dilintasi oleh kawanan burung.  Sedangkan Kawh Berecek berbentuk seperti sebuah danau yang mengering terbakar karena uap. Selanjutnya adalah Kawah Kereta Api, kawah ini menyembur dari sebuah pipa besi dan mengeluarkan suara seperti Kereta Api. Sehingga Kawasan ini dilindungi oleh sebuah pagar besi karena berbahaya jika dihampiri oleh pengunjung. Terakhir adalah Kawah Hujan yang berlokasi di ujung Kawasan Objek wisata Kawah Kamojang. Kawah tersebut memiliki nama “Hujan” karena mengeluarkan uap panas dan cipratan air seperti hujan. Cipratan air tersebut juga dimanfaatkan untuk pengobatan, seperti terapi. Saat berkunjung kesini, sebaiknya anda menggunakan masker agar bisa meminimalisir mencium aroma belerang.

3. Kawasan Wisata Darajat

Darajat merupakan sebuah objek wisata dengan kategori pemandian air panas terletak di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akses lokasi wisata ini mudah dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat bahkan bus besar karena kondisi jalan cukup baik meskipun sedikit sempit dan menanjak. Terdapat empat objek wisata di Darajat yang telah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang air panas, fasilitas bermain untuk anak dan juga penginapan. Sepanjang perjalanan menuju Kawasan Wisata Darajat anda akan melihat view pemandangan perkebunan yang asri. Terkadang anda juga akan melihat selimut kabut tebal sepanjang perjalanan menuju ke Kawasan wisata darajat. Hal tersebut dikarenakan Kawasan Darajat berada pada ketinggian kurang lebih 1.900 m dari permukaan laut sehingga memiliki suhu yang lebih rendah daripada Kawasan Garut lainnya.

 

4. TWA Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terletak di Kec. Cisurupan Kab. Garut dengan ketinggian 2665 mdpl dengan gunung api tipe strato A, gunung yang sejuk dengan sumber air yang melimpah, jalur pendakian sebagaian besar adalah kawah dan tebing. Asap belerang dan bunga eidelwiss menjadi daya tarik tersendiri Gunung Papandayan. Areal camp teletak di pondok saldah dan gober hut, selain itu terdapat daya tarik lain untuk dikunjungi seperti hutan mati, tegal alun, dan tegal Panjang. Selain dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Papandayan, and juga dapat mengajak keluarga anda untuk menginap di Bungalow yang disediakan pengelola. Anda tidak perlu khawatir akan harganya, karen pihak pengelola telah menyediakan berbagai jenis Bungalow yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda. Di TWA Gunung Papandayan terdapat tempat pemandian air panas, yang bisa anda jadikan tempat untuk bersantai dan berelaksasi. Pemandian air panas di TWA Gunung Papandayan memiliki aroma belerang yang cukup kuat, sehingga selain bermanfaat untuk relaksasi, juga bermanfaat untuk pengobatan. Satu tips penting saat berkunjung ke Papandayan, jangan lupa untuk memakai baju yang tebal karena angin di Kawasan TWA Gunung Papandayan cukup kencang dengan intensitas yang cukup tinggi. Sehingga jangan sampai anda kedinginan setelah tiba disana.

 

5. TWA Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas merupakan taman wisata alam yang terletak di desa Sukamenak Kec. Wanaraja kab. Garut. Kawah belerang terbentuk menjadi sebuah danau dengan air berwarna putih kehijauan dan mempunyai latar perbukitan. Selain itu pengunjung dapat menikmati kolam air panas alami tidak jauh dari lokasi kawah. Lokasi telaga berjarak 28 km dari ibu kota Garut dan relative mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi roda dua maupoun roda empat. Kawah Talaga Bodas juga menjadi lokasi favorit bagi warga garut sebagai tempat pengambilan foto pre-wedding.

6. Pantai Santolo

Pantai Santolo berlokasi di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Pantai Santolo mempunyai bentangan pantai yang panjang dengan pasir putih yang menawan. Menikmati panorama dan biota laut di pulau Santolo dan Cilauteureun merupakan aktivitas wisata yang menarik. Selain itu, pengunjung dapat mencicipi kuliner laut khas Pantai Santolo secara langsung ditempat pelelangan ikan dan mengunjungi dermaga peninggalan kolonial Belanda. Sudah terdapat banyak fasilitas penginapan yang tersedia, lokasi pantai santolo terletak sesudah pantai sayangheulang dengan jarak 8 KM dari Kecamatan Pameungpeuk atau 88 KM dari pusat Kota Garut. Terdapat 2 rute yang dapat anda lewati untuk mencapai Pantai Santolo, rute pertama yang dapat anda lewati adalah Kota Garut – Cikajang – Cikelet – Pameungpeuk. Jika melalui rute ini anda dapat menggunakan kendaran umum. Lamanya waktu perjalanan anda jika menggunakan kendaraan umum kurang lebih 4 – 5 jam perjalanan untuk sampai di Pameungpeuk. Rute kedua yang dapat anda lewati adalah Bandung – Pengalengan – Rancabuaya – Santolo. Lamanya waktu perjalanan jika menggunakan rute ini cukup memakan waktu, yaitu kurang lebih 7 jam perjalanan. Hal ini disebabkan jarak yang perlu anda tempuh sekitar 200 – 250 Km. Walaupun jaraknya cukup jauh dan memakan waktu, tetapi ketika menggunakan rute ini pemandangan yang disajikan begitu indah.

7. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya berlokasi di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Pantai Rancabuaya merupakan Pantai dengan mayoritas batuan karang di setiap pesisir pantai. Di Pantai Rancabuaya ini wisatawan dapat menikmati suasana pantai yang tenang dengan berbagai fasilitas penginapan hotel, villa hingga losmen.Sarana menunjang lainnya seperti mini market, restoran laut sudah tersedia di pantai ini. Lokasi Pantai Rancabuaya ini berjarak 38 KM dari kecamatan pameungpeuk dapat ditempuh dalam waktu 45 menit atau 118 KM dari pusat Kota Garut dengan estimasi waktu sekitar 3,5 jam dengan akses jalan yang sangat bagus. Berbicara mengenai keindahan Pantai Rancabuaya yang ada di Garut, tentu tak cukup kata untuk menggambarkannya. Sebuah pantai yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu luas dengan pasirnya yang begitu halus. Warna air laut yang sangat biru, ditambah dengan hiasan tebing di sekitar pantai bak panorama lukisan yang begitu agung. Pepohonan rindang khas pantai pun juga menambah suasana semakin asri, sejumlah gazebo juga disedikan untuk tempat bersantai. Pantai yang didominasi dengan pasir putihnya yang begitu lembut dan babatuan karang yang besar menjadikan pengunjung sangat betah berada disana. Belum lagi semilir angin yang berhembus dari arah laut menuju daratan yang begitu menyejukkan. Karena masih terbilang primadona baru di mata wisatawan, tak jarang banyak pengunjung yang belum tahu jika Pantai Rancabuaya Jawa Barat ini memiliki keindahan lain yang ditawarkan lewat curug yang ada disebelah tebing pantai. Sebuah curug yang langsung mengalir dari atas tebing menuju ke laut. Sungguh sebuah pemandangan alami yang bisa kamu saksikan dengan mata terbuka.

8. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong terletak di Kampung Rontog Desa Jayamukti Kecamatan Cihurip Kab. Garut. Leuwi tonjong merupakan sebuah bagian aliran sungai dimana di tempat ini terdapat sebuah (Leuwi) bagian suagai yang dalam membentuk kolam dan yang membuat indahnya adalah Leuwi Tonjong ini diapit oleh dua buah bukit batu yang sangat tinggi sekitar 90 – 120 meter.

9. Karacak Valley

Karacak Valley berada di Kelurahan Margawati Kecamatan Garut Kota. Suasana hutan pinus dengan penuh kesejukan akan menyambut para pengunjung. Dari sini kita bisa menyaksikan landscape Garut dari ketinggian salah satunya dari spot Puncak Dogar. Lokasi Karacak Valley dapat ditempuh kurang dari setengah jam dari Kota Garut. Karna lokasinya berada ditengah kota, akses transportasi menuju karacak valley terbilang cukup mudah dikunjungi, yaitu dengan mengambil rute Jl.Barata Yudha lalu belok ke Jl.margawati dari jalan margawati ini kalian tinggal mengikuti jalur, walaupun ada beberapa persimpangan kalian tidak usah khawatir karna disepanjang jalan cukup bnyak petunjuk arah sehingga memudahkan untuk menuju ke lokasi. Karacak valley ini sering dikunjungi wisatawan untuk bersantai bersama keluarga, liburan wisata alam, dan juga menjadi spot untuk berswafoto.

10. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje adalah Salah satu objek wisata yang ada di Garut Selatan. Tepatnya di Desa karyasari, Kecamatan Cibalong, Kab.Garut. Pantai Karang Paranje memiliki keunikan, salah satunya banyak terdapat tanaman pandan bidur yang dimanfaatkan daunnya untuk dijadikan berbagai kerajinan anyaman oleh masyarakat sekitar. Untuk pantai ini sendiri memiliki suhu berkisar 17 - 27°C. Sinar matahari di pantai ini cukup terik dan tiupan angin yang cukup besar. Namun,pantai ini masih belum banyak dikunjungi oleh para pengunjung . Selain itu, pantai ini memiliki lahan datar dengan kemiringan yang landai serta stabilitas tanah dan daya serap tanah yang baik. Jenis material tanga pesisir pantai berupa pasir halus berwarna putih dan gugusan batu karang yang membentang di daerah pesisir pantai.

Di pantai ini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti menikmati keindahan pantai, memancing, berenang, susur pantai, hunting Foto, serta melihat matahari terbenam.Tiket masuknya tergolong murah, Setiap wisatawan hanya dikenakan tarif sebesar Rp 5.000/orang.Bagi anda yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.