Image Gallery Post

PESONA GARUT INTAN CARNIVAL 2019

“Street Festival” atau “Carnival on the Road”, ajang parade yang dilaksanakan menggunakan jalan raya, kini memang tidak hanya ditemui di Rio de Janeiro (Brasil) ataupun Pasadena (Amerika) saja.
Di Indonesia, tercatat mulai 2003 ada Jember Fashion Festival (JFC) yang penyelenggaraannya telah mencapai ke XI pada 2012 kemarin. Lalu adapula Solo Batik Carnival (SBC). Dalam bentuk yang lebih beragam ada juga Jogja International Street Festival (JISF), kemudian adapula Kediri Fashion Parade (KFP), Tulungagung Fashion Festival (TFF) On the Road, bahkan di Madura pun terdapat kegiatan yang sejenis.
Di Jawa Barat sendiri, bentuk Street Festival, Karnaval atau Parade sebetulnya telah lama juga diselenggarakan yang dikenal dengan “Helaran”, seperti pada kegiatan “Braga Festival”, “Kemilau Nusantara” maupun kegiatan-kegiatan sejenis yang biasanya diselenggarakan dalam rangka ulang tahun sebuah Kota / Kabupaten, hampir selalu menampilkan berbagai bentuk kesenian tradisional maupun modern serta aktifitas lain yang “pertunjukkannya” dilaksanakan sambil berjalan (mobile) pada jalan utama.
 Di Garut sendiri pada setiap memperingati Hari Jadi-nya selalu dilaksanakan dengan konsep Helaran seni tradisional dan modern (yang memungkinkan) sebagai acara utamanya kemudian diikuti dengan pertunjukkan-pertunjukkan kesenian lainnya pada panggung tetap (outdoor maupun didalam gedung pertunjukan), dengan nama yang hampir berganti-ganti setiap tahunnya.
Atas dasar pemikiran tersebut diatas, berangkat dari event yang pernah dilaksanakan sebelumnya, Garut Intan Carnaval (GIC) dipadu-padankan pula dengan event yang hampir berkesinambungan kami gelarkan (Lomba Model & Desain Busana Batik Jabar; sejak 2005), dari anggota masyarakat Garut – Jawa Barat, khususnya sebagai Urang Sunda, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata   dan  Kebudayaan (Disparbud) Kab. Garut,  menyelenggarakan  Fashion Carnaval  dengan nama Event  "PESONA GARUT INTAN CARNIVAL" dengan thema terkait Kepariwisataan dan Batik, karena kegiatan dilaksanakan sekitaran waktu peringatan Kedua Hari Besar Dunia tersebut, yakni Hari Pariwisata Sedunia (27 September)  dan Hari Batik Sedunia (2 Oktober). pada tahun ini kegiatan Pesona Garut Intan Carnival di selenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2019 bertempat di Venue di Jalan Veteran depan Makodim 0611 Garut.