Pantai Santolo .

Portal Wisata Garut
27 Mei 2017
407
Pantai Santolo

Pamalayan, Cikelet, Garut Regency, West Java 44177, Indonesia

JENIS : Wisata Alam dan buatan 

LOKASI: 

  • Desa: Pamalayan 

  • Kecamatan : Cikelet 

  • Kabupaten: Garut 

  • Jarak dari ibu kota : 88  Km  

 

POTENSI 

  • Daya Tarik 

  • Perairan  pantai berwarna biru, tidak bau, air normal, nyaman, segar, tiupan angin yang relatif besar. 

  • Rocket, peluncuran roket 

  • Aktivitas: 

  • Bermain air, berjalan jalan di tepi pantai, fotografi, berperahu, naik banana boat, memancing, serta menikmati pemandangan. 

  • Edukasi Rocket, melihat peluncuran rocket 

  • Luas Lokasi : 5 Ha. 

  • Aksesibilitas :  

  • Sudah dilayanai oleh angkutan Umum trayek jurusan Garut – Pameungpeuk 

  • Alat transportasi dari terminal Pamengpeuk menuju pantai dapat mempergunakan angkutan Desa  dan ojeg.  

Pengelola : UPTD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, LAPAN 

Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Garut yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Santolo. Bagi masyarakat Bandung, pantai ini cukup terkenal dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang ada di Kabupaten Garut. Pantai ini cukup bersih, dengan hamparan pasir putih dan pantai yang landai sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Bagi wisatawan yang akan mengelilingi pantai, disediakan penyewaan perahu yang cukup murah sebagai media yang tepat untuk merasakan deburan ombak pantai selatan yang cukup menantang. Disekitar area pantai juga disediakan kios-kios yang menyediakan berbagai souvenir kerajinan masyarakat serta berbagai macam aneka hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana.

Bagi anda sekeluarga yang berencana untuk mengunjungi pantai ini dan menginap, disekitar pantai disediakan fasilitas akomodasi yang cukup nyaman dan bersih untuk ditinggali. Rumah-rumah penduduk yang ada disekitar pantai pun bisa kita sewa dengan harga yang relatif murah apabila kita berencana untuk tinggal lama di pantai ini dengan mengefisienkan pengeluaran dana akomodasi.

Rute

Rute 1 : Garut – Cikajang – Cikelet – Pameungpeuk, rute ini merupaka rute umum dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum. Bagi anda yang melewati rute ini saya sarankan untuk berhati-hati karena jalan yang berkelok-kelok tajam. Selain itu rute ini banyak ditempuh oleh wisatawan dari kabupaten tasik, bandung, jakarta dan kota lainnya.

Rute 2 : Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk. Jalur ini lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum. Tetapi sebagai gantinya kita disuguhi pemandangan yang sangat bagus.

Rute 3 : Untuk yang dari bandung bisa menggunakan jalur ranca bali – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Atau dengan jalur alternatif yaitu melewati Pangalengan.

Rute 4 : Untuk pengunjung dari Pangandaran dan tasik bisa menggunakan jalur lintas selatan Cipatujah. Saat ini kondisi jalan lintas selatan sangat baik.

Aktivitas

Beragam aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di pantai ini seperti berenang di tepi pantai, menikmati keindahan laut dan pantai secara langsung, foto selfie dan lain-lain. Bagi yang suka permainan ekstrim, disana juga disediakan banana boat yang memacu adrenalin kita. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 25.000 /orang anda sudah dapat menaiki permainan yang dapat dikatakan paling banyak peminatnya.

Bagi pengunjung yang hobi mancing, sangat memungkinkan melakukan aktivitas mancing di pantai Santolo. Aktivitas mancing bisa di area pelabuhan atau TPI dan di dermaga sebrang area parkir bahkan bisa dilakukan di laut lepas dengan menyewa perahu milik warga sekitar.

PERHATIAN.!!!. Bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas berenang ditepi pantai, utamakan selalu keselamatan dengan mematuhi peraturan yang ada. Meskipun aktivitas berenang di pantai ini sudah menjadi kebiasaan dari dulu namun bukan berarti selamanya aman dari bahaya yang mengancam keselamatan pengunjung karena kondisi laut sulit diprediksi

Penginapan & Restoran

Sudah tersedia cukup banyak penginapan disekitar pantai dengan beragam type yang bisa pengunjung pilih sesuai kebutuhan serta budget. Harga penginapan type kamar dengan kapasitas maksimal 2 orang mulai dari 250.000/malam sampai dengan 450.000/malam weekand. Untuk rombongan, tersedia juga penginapan type bunglow, dan jika ingin lebih hemat di budget, bisa pilih rumah sewa.

Untuk urusan makan pengunjung tidak perlu khawatir karea disini sudah banyak restoran dan rumah makan biasa yang buka 24 jam terutama weekand. 80% menu makanan disetiap restoran atau rumah makan adalah seafood dan ikan bakar.

Harga Tiket Masuk

Berdasarkan kunjungan terakhir pada tanggal 20 mei 2017, harga tiket masuk pantai Santolo adalah *Rp.5,000/orang dan parkir *Rp.5,000/kendaraan.

article

Gallery.

article

Video.