Kolam Renang Darajat Pass Water Park / Puncak Darajat (Derajat Pass) .

Portal Pesona Garut
27 Mei 2017
1021
Kolam Renang Darajat Pass Water Park / Puncak Darajat (Derajat Pass)

Jl. Darajat KM. 14, Kampung Bedeng RT/RW : 09/02, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Karyamekar,

Saat ini kepopuleran Cipanas Garut mulai tergeser dengan adanya beberapa Objek Wisata di Garut di sekita daerah Kawah Puncak Darajat Garut yang menyediakan hawa yang sejuk dan pemandangan yang Indah serta tersedianya Kolam Renang Air Panas Alami.

Kalau dilihat dari sisi pelayanan dan konsep kamar memang tempat wisata di Darajat Garut masih kalah jauh dari Hotel dan Penginapan di Cipanas yang sudah profesional, akan tetapi pemandangan Indah dan sentuhan wisata, tidak berlebihan kiranya jika tim Hotel di Garut menyematkan predikat sebagai Waterboom dan Kolam Renang Terbaik dan Paling Populer saat ini untuk beberapa lokasi Waterboom dan Outbound di sekitar Kawah Darajat Garut.

Darajat Pass KAWASAN Puncak Darajat ini berbukit dengan pemandangan hijau memanjakan mata. Pesawahan dan tanaman sayuran membuat mata tak berkedip. Udaranya sejuk, mengelus wajah. Hal yang membedakan kawasan ini dengan kebanyakan di pegunungan Garut, Jawa Barat adalah uap putih yang membubung ke langit. Uap dari perut bumi. Itulah kawasan wisata Gunung Darajat, Garut. Kawasan yang dikenal dengan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Gunung Darajat, Garut yang ditangani PT Chevron Geothermal Indonesia. Tak heran jika di situ muncul wisata pemandian air panas dengan segudang pernak-perniknya yang menggoda wisatawan berseluncur, melompat, bahkan bermain air tumpah. Tentu, kolamnya berisi air hangat.

Tidak sulit menjangkau kawasan berudara sejuk tersebut. Dari arah kota Garut, menuju arah Cikajang. Saat tiba di pertigaan Bayongbong silakan belok kanan. Jalan agak tersendat sedikit karena memasuki kawasan pasar. Ada beberapa pasar yang akan dilintasi, seperti Pasar Cibodas, Bayongbong dan beberapa pasar kecil lainnya yang tumpah ke jalan raya mulus beraspal hitam.

Dari pertigaan Bayongbong jarak tempuh sekitar 20-an kilometer (km). Para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tinggal mengikuti jalan utama tersebut. Sedangkan bagi yang menggunakan angkutan umum harus memilih angkot berwarna kuning yang mengarah ke Pasirwangi. Selebihnya, bisa naik ojek sepeda motor. Jalan aspal mulus, berkelok, dan menanjak kian terasa saat mendekati puncak Darajat. Tempat berdirinya wisata air. Jangan kaget jika hendak mencapai arena wisata bakal berpapasan dengan para pemotor warga setempat. Mereka memanfaatkan sepeda motor untuk alat transportasi untuk keperluan sehari-hari. Termasuk untuk mencari rumput bagi hewan ternak. Tak sedikit yang berkendara lebih dari dua orang. Bahkan, sangat sering kita melihat pemotor yang tidak memakai helm. Tampaknya, butuh sosialisasi soal keselamatan jalan lebih intensif nih di kawasan ini.

Para pengunjung cukup merogoh kocek berkisar Rp 15-20 ribu per orang. Perbedaan tarif untuk membedakan pengunjung anak-anak dengan pengunjung dewasa. Tersedia kolam bagi anak-anak dengan beragam permainan seperti papan seluncur, air tumpah, hingga ban renang besar. Kolam air hangat dewasa juga ada. Oh ya, tersedia juga beragam penginapan dan restoran untuk bergoyang lidah. Soal penginapan, tarifnya beragam, berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta per malam. ”Untuk penginapan yang Rp 1 juta termasuk kolam hangat pribadi di kamar dan tempat tidur tambahan buat anak-anak,”ujar seorang penjaga area wisata Awit

Bahkan, ada juga fasilitas outbound bagi penyuka kegiatan petualangan. Aneka permainan yang mengundang adrenalin dan membangun kebersamaan seperti flaying fox dan shaking bridge, menjadi daya tarik tersendiri. Bermain di tengah sejuknya udara pegunungan. Nah, buat pengunjung yang kehabisan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraannya, sepanjang pertigaan Bayongbong hingga Puncak Darajat, tersedia stasiun pompa bensin umum (SPBU) mini. Saya sebut mini karena memang hanya tersedia satu atau dua pompa bensin. Bukan lazimnya SPBU yang menyediakan empat atau delapan mesin pompa. SPBU mini tersebut terletak di dekat pasar dan di depan rumah warga. Soal jenis BBM, sepenglihatan saya, ada yang menyediakan solar, premium, dan pertamax. Selamat berkunjung.

article

Gallery.