Image Gallery Post

Kamodjan Fillage, Destinasi Wisata Alam yang sedang Hits di Kalangan Millenials

Kini Garut memiliki satu destinasi wisata baru yang telah menambah deretan beragam tempat-tempat wisata di kota yang dijuluki Swiss van Java ini, yaitu Kamodjan Fillage. Mengusung konsep keindahan Panorama alam, Kamodjan Fillage hadir sebagai salah satu destinasi wisata terbaru di Garut yang wajib untuk anda kunjungi. Belum lama dibuka, tempat wisata Kamodjan Fillage sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan, karena tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat wisata serupa yang ada di Kawasan Kamojang. Tidak hanya mengandalkan keindahan panorama alam, Kamodjan Fillage memiliki spot-spot unik yang sebelumnya belum ada di tempat wisata di Kota Garut, sehingga menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk mengambil swafoto/selfie hingga lokasi foto prewedding. Spot unik tersebut seperti Floor Dock Sky yang menghadap pada panorama hutan kamojang yang lebat, Becak on the sky, Bamboo House yang memiliki keunikan seperti ilusi optik, fasilitas Glamping (berkemah) yang akan segera hadir dengan fasilitas setara hotel bintang 3, serta spot-spot unik lainnya yang masih dalam tahap pembangunan. Memiliki luas kurang lebih 14 hektar, Kamodjan Fillage Berlokasi di Desa Sukakarya Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Anda bisa menuju kemari dengan akses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan waktu jarak tempuh sekitar 30 menit dari Garut Kota. Karena Kamodjan Fillage berada di daerah dataran tinggi, maka medan jalan yang dilalui cukup menanjak dan agak sedikit berkelok-kelok. Namun anda tidak perlu kahawatir, karena kondisi jalannya bagus sehingga tidak akan menghambat atau mengganggu perjalanan anda.

Berdasarkan informasi dari bagian Sales & Marketing Promotion Kamodjan Fillage, Arman Solehadin saat ditemui oleh tim Disparbud Garut pada hari Jumat (19/07/2019) menyebutkan bahwa tempat wisata Kamodjan Fillage memang menjadi viral akhir-akhir ini di kalangan wisatawan Garut karena memang tempat wisata tersebut ramai dibicarakan di Sosial Media, terutama Instagram.

“Tempat Wisata Kamodjan Fillage memang viral akhir-akhir ini di Instagram” hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya followers akun resmi Kamodjan fillage @kamodjanfillage. “Banyak sekali pengunjung yang datang kemari, mereka mengincar spot foto floor dock sky karena memang spot foto tersebut yang paling viral di social media hingga pengunjung rela mengantri, apalagi kalau weekend antriannya bisa sangat Panjang” tambahnya.

“sekarang followersnya (Kamodjan Fillage) sudah belasan ribu karena saking viralnya” sampai artikel ini diposting, kini followers akun Instagram resmi kamodjan fillage sudah menyentuh 15 ribu followers. Tentu saja pencapaian angka followers tersebut cukup tinggi untuk sebuah tempat wisata yang belum lama dibuka. Menurut Arman, Kamodjan Fillage sendiri sudah mulai dibuka sejak tahun lalu tepatnya bulan Oktober 2019. “Saat ini masih dalam tahap proses pembangunan sekitar 20%, dan target kita semoga bisa selesai hingga 80% pada akhir tahun ini” ia juga menambahkan bahwa Kamodjan fillage akan resmi launching bulan agustus mendatang.

Karena memiliki nama yang unik, Kamodjan Fillage kerap menuai pertanyaan publik, terutama dari netizen di Instagram “Banyak sekali yang mengirimi kami DM (Direct Message) via Instagram yang memberitahu kami bahwa penulisan kata “Fillage” kami salah” tutur Arman. Namun, kemudian pihak dari bagian tim Social Media Kamodjan Fillage menjelaskan dengan membalas DM dari netizen tersebut bahwa memang jika secara tata Bahasa inggris yang benar, penulisan yang benar adalah “Village” menggunakan huruf “V” namun memang Kamodjan Fillage sengaja mengubah ejaan tersebut menjadi “Fillage” karena memiliki makna filosofinya tersendiri. Maka tidak aneh jika banyak sekali yang penasaran dengan Kamodjan Fillage karena Namanya yang unik sehingga berdampak pada keingintahuan publik untuk segera mengunjungi kamodjan fillage.

Menurut Arman, Pemilihan nama Kamodjan Fillage tidak asal-asalan karena memiliki makna filosofi yang mewakili dari konsep Kamodjan Fillage. Kata “Kamodjan” (red: Kamojang) penulisannya diambil dari ejaan zaman dulu. Lalu kata kamodjan juga terinspirasi dari nama Hotel yang berada di sekitar lokasi Kamodjan Fillage, yang mana Hotel tersebut bernama Hotel Kamodjan. Hotel tersebut didirikan saat Garut masih dalam era penjajahan Belanda dan kini hanya tersisa bekas fondasinya saja. Kamojang sendiri dalam Bahasa sunda bermakna Keindahan. Kata Village atau Fillage bermakna “tempat untuk mengisi umur” karena Fillage merupakan akronim atau singkatan dari “Fill Age” atau dalam Bahasa Indonesia bermakna mengisi umur. Kate fillage sendiri sekaligus menjadi tagline dari Kamodjan Fillage yaitu “Fill Your Age” sehingga Kamodjan Fillage berharap bisa menjadi tempat wisata untuk mengisi umur anda bagi semua kalangan, baik anak-anak, pemuda maupun orang tua.

Anda tidak perlu khawatir soal harga tiket masuk ke Kamodjan Fillage, karena harganya sangat terjangkau, saat ini harga tiket yang perlu Anda bayar sekitar Rp. 15.000 saja (Harga bisa berubah). Lalu untuk foto di spot floor dock sky, anda dikenakan biaya Rp. 5000/foto, dikarenakan pengambilan foto harus diambil oleh staff dari Kamodjan Fillage demi alasan keamanan. Selain itu kualitas foto yang diambil juga lebih bagus karena menggunakan kamera DSLR sehingga hasil foto tidak backlight.  Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa menghubungi social media kamodjan fillage di Instagram @kamodjanfillage. Yuk datang ke Kamodjan Fillage! jangan sampai ketinggalan dengan hits-nya tempat wisata satu ini ya.