Image Gallery Post

Disparbud Garut Promosikan Pariwisata Garut melalui event Pasar Wisata Digital Situ Bagendi

Disparbud Garut yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia (Kemnpar) telah sukses menyelenggarkan Pasar Wisata Digital untuk yang kedua kalinya di Kabupaten Garut, tepatnya di Destinasi Wisata Situ Bagendit yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut pada hari Jumat (9/08/2019). Pasar Wisata Digital sendiri merupakan kegiatan Disparbud Garut dalam rangka untuk mempromosikan Destinasi wisata yang ada di Garut, khususnya Situ Bagendit. Pasar Wisata Digital sendiri merupakan bentuk implementasi dari program Kemenpar yaitu pengembangan destinasi wisata digital dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memviralkan potensi destinasi wisata dimana Pasar Wisata Digital tersebut diselenggarakan.

Lantas mengapa disebut Pasar Wisata Digital? Karena di Pasar Wisata Digital ini menyuguhkan berbagai aneka jajanan khas garut mulai dari burayot, es goyobod, aneka keripik, ulen, nasi liwet domba garut, aneka baso aci, rujak dan masih banyak lagi. Selain tersedia beraneka jajanan khas Garut, di Pasar Wisata Digital anda akan menemukan berbagai spot foto yang instagramable sehingga akan menarik wisatawan untuk mengambil foto sefie kemudian menguploadnya di media sosial sehingga dapat menjadi viral. Media sosial sendiri merupakan alat komunikasi berbasis digital, sehingga event ini disebut sebagai Pasar Wisata Digital, karena dengan kecanggihan teknologi digital seperti Media Sosial lebih cepat menyebarkan informasi sehingga lebih cepat menjadi viral di kalangan masyarakat. Pasar Wisata Digital tidak hanya mempromosikan Situ bagendit, namun juga mempromosikan kuliner serta seni dan budaya khas Garut.

Acara ini makin menarik karena menghadirkan berbagai hiburan, diantaranya menampilkan tari rakyat kendang, arumba pegawai disparbud, band kocak dari Oke Budi serta penampilan dari kami menampilkan group penyanyi anak-anak berkebutuhan khusus yang memukau penonton

Acara pasar wisata digital dihadiri oleh perwakilan dari kementrian pariwisata yaitu Pak Yaya Ajen dan Ferdiansyah MM, Selaku ketua komisi X DPR RI, Bapak Bupati garut, para kepala SKPD dan Organisasi masyarakat.di Situ Bagendit ini resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Garut, yakni H, Rudy Gunawan serta Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat XI Kab. Garut, Kab. & Kota Tasikmalaya Ferdiansyah didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan Jumat (9/8), berbagai sajian atraksi budaya mewarnai destinasi tersebut. 

“Hadirnya Pasar Wisata Digital ini ikut membantu meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekitar. Dengan makin banyaknya wisatawan yang datang tentunya juga akan menaikkan perputaran ekonomi masyarakat Garut, melalui berbagai lini usaha pariwisata yang saling menguntungkan. Itu yang kita harapkan,” tutur Ferdiansyah.

Selain itu, Ferdiansyah mengutarakan bahwa dengan mengoptimalkan digitalisasi maka sudah tentu promosi pariwisata Garut akan semakin cepat dan menyebar secara luas, Karena dunia digital telah menjadi aspek esensial dalam berbagai aspek kehidupan. Kini seluruh lapisan masyarakat sudah tersentuh dengan digitalisasi dalam berbagai bidang.

“Semakin digital semakin global. Semakin digital semakin mempercepat laju pariwisata di Garut,” ujar legislator dapil Jawa Barat XI itu.

Sedangkan Bupati Garut Rudy Gunawan mengutarakan rasa syukur karena laju perkembangan pariwisata Garut terus mendapatkan dukungan. Baik itu dari Kemenpar dan juga DPR RI. Bupati Garut berharap,  Dengan banyaknya dukungan yang diberikan kepada garut dapat semakin mempercepat laju perkembangan pariwisata di Garut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Kemenpar dan DPR RI yang selalu aktif membangun pariwisata di Garut. Ini merupakan sebuah kolaborasi yang luar biasa untuk memajukan pariwisata Garut. Dan ini sejalan dengan komitmen kami untuk menjadikan pariwisata sebagai core pembangunan daerah,” pungkas Rudy yang didampingi Kadisparbud Garut Budi Gan Gan.

Masyarakatpun sangat antusias, acra ini kurang lebih telah dihadiri oleh 2000 pengunjung. Mereka sangat antusias dengan memanfaatkan spot selfie yang telah disediakan di beberapa tempat untuk diupload di media sosial. Dengan demikian tugas Disparbud untuk mempromosikan pariwisata Garut sangat terbantu untuk mendatangkan wisatawan sebanyak banyaknya, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang akan meningkatkan perekonomian garut semakin maju.