Image Gallery Post

CURUG GANDASARI GARUT

Selain  curug kancil di Cibatu, kawasan Garut utara tepatnya di Sukawening juga terdapat sebuah curug yaitu Curug Gandasari atau Curug Nyimas Gandasari yang di jadikan sebagai objek wisata alam. Daya tarik curug ini adalah air terjun, pemandangan kawasan pegunungan dan hutan.

Curug Gandasari berada di kawasan seluas 2 Hektar. Jalan menuju area curug sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Akses jalan ke Curug Gandasari ini memiliki lebar jalan seluas 2-4 meter dengan kualitas jalan kurang bagus. Curug Gandasari berlokasi di Desa Mekarluyu Kecamatan Sukawening Jarak dari pusat Garut Kota: 14 Km. Curug Gandasari sangat cocok dijadikan lokasi hiking karena kawasannya masih sangat alami dan asri terlebih Curug Gandasari ini gratis untuk dikunjungi pengunjung.

Rute Menuju Curug Gandasari

Wisatawan yang memulai rute dari arah Garut kota bisa memulai dari  Alun-alun Garut Kota menuju ke Kecamatan Sukawening melewati Bunderan Suci, Karangpawitan, Wanaraja. Setelah di pertigaan, Kita jalan saja lurus (tidak belok ke kanan). Setelah berada di Kecamatan Sukawening, atau tepatnya di pasar Sukawening, Kita belok ke kanan. Disitu terus saja jalan lurus hingga menemukan sebuah plang bertuliskan Desa Mekarluyu, lalu belok ke kanan kemudian jalan lurus dan sesekali bertanya kepada warga sekitar jalan menuju ke Lembah Cibeet. Lembah Cibeet merupakan kawasan atau arae camping ground.

           Jalan yang akan dilewati awalnya cukup bagus kemudian semakin keatas jalannya mulai jelek. Ada beberapa titik dimana jalannya berupa bebatuan dan ada juga jalan tanah yang sangat licin dan juga sempit serta menanjak. Anda akan menemukan sebuah petunjuk arah bertuliskan arah jalan ke Curug Gandasari, dan disitu Anda bisa memarkir kendaraan motor Anda karena jalan menuju curug sudah sangat sulit untuk dilalui motor biasa. Dan jangan lupa untuk membawa kunci ganda untuk mengunci motor Anda.

           Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati semak belukar dengan jalur berupa tanah merah yang cukup licin. Dari Kampung Mekarluyu menju tempat registrasi jaraknya sekitar 2 Km. Di area registrasi ini terdapat beberapa fasilitas seperti mushola, wc, warung dan gazebo.