Arum Jeram Cimanuk .

Portal Wisata Garut
27 Mei 2017
564
Arum Jeram Cimanuk

Bayongbong

JENIS  : Wisata Minat Khusus 

LOKASI: 

  • Alamat: Kmp. Padarek 

  • Desa: Pasawahan Salakuray 

  • Kecamatan : Bayongbong 

  • Kabupaten: Garut 

  • Jarak dari ibu kota : 10 Km 

POTENSI 

  • Daya tarik 

Sungai Cimanuk adalah sungai yang membentang di daerah bagian utara Kabupaten Garut. Sungai Cimanuk memiliki panjang 46,125 km dan lebar + 4-8 m. Karakteristik sungai Cimanuk yaitu memiliki lebar badan sungai 0,5-2 m dengan material dominan pada dasar sungai berupa pasir berbatu. Sungai ini kerap kali di manfaatkan sebagai arena olah raga air arung jeram apabila arus sungainya sedang deras yaitu pada musim hujan, akan tetapi airnya surut dan arusnya kecil pada musim kemarau. Arena (run track) arung jeram memanfaatkan daerah sungai sepanjang 2-4 km dari keseluruhan panjang sungai tersebut. Area arung jeram tersebut di bagi menjadi dua area, yaitu area Cimanuk atas dengan start awal dari Padarek dan Cimanuk bawah dengan start  dari Leuwigoong. Daerah Padarek yang menjadi start arung jeram Sungai Cimanuk 

  • Luas Lokasi :  

  • Aksesibilitas :  

     Untuk menuju lokasi start arung jeram tersebut terdapat aksesibilitas berupa : 

  • Jalan Raya  kelas III (kelas kecamatan) yang memiliki lebar 5 m dengan kondisi cukup baik; 

  • Jalan desa yang memiliki lebar 1 – 2 m dengan kondisi jalan cukup; 

  • Jalan setapak berupa foot trail yang memiliki lebar 0,8 m dengan kondisi yang cukup. 

  • Kondisi jalan menuju objek cukup memadai, namun untuk sampai ke lokasi start  hanya dapat menggunakan kendaraan roda dua. Untuk mencapai ke lokasi start  dapat menggunakan moda transportasi berupa angkutan umum jenis mikrobus dengan trayek Garut-Cisurupan, Garut-Pameungpeuk, dan trayek Terminal Guntur-Bayongbong. Setelah itu untuk menuju lokasi yang berjarak 1,2 km dapat menggunakan  kendaraan pribadi dan angkutan roda dua berupa ojeg.  

  • Amenitas yang ada : Belum tersedia fasilitas standar. 

  • Pengelola: BUMI BATARA

Bagi penggemar arung jeram atau biasa disebut juga dengan rafting, dapat menemukan beberapa lokasi di area Jawa Barat, salah satunya adalah di daerah Garut, sungai Cimanuk dan Cikandang. Kedua sungai ini cocok untuk dijadikan wisata arung jeram karena karakteristik sungainya ideal untuk rafting. Pemandangan di sekitar rute arung jeram ini sangat indah, wisatawan akan melintasi areal hutan bambu, tebing-tebing yang indah, daerah pesawahan yang luas serta pemandangan air terjun.

Jeram-jeram cadas nan deras banyak tersedia meski tak sedikit pula jeram yang biasa saja. Selain itu, Cimanuk juga aktif membuat kita mendayung. Dikelilingi oleh sawah-sawah dan tebing, sungai ini memiliki lebar (sekitar 7-8 meter) dan dalam (5-6 meter). Setelah jeram biasanya kita akan ketemu dengan air yang tenang. Maka dari itu, mendayung sangat diperlukan. Pemandangan satwa sekitar sungai Cimanuk juga menarik. Sekali waktu kita bisa menemukan Biawak, Elang, dan bermacam burung yang imut dan cantik. Diantaranya seekor burung bernama Raja Udang. Untuk sungai Cimanuk, rute dari start sampai finish berjarak kurang lebih 7 Km dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam. Rafting di sungai Cimanuk ini termasuk kepada kategori grade 3.

Kondisi medan sungai dan arus airnya aman, selain medan yang menyenangkan, pemandangan di sepanjang sungai sangat bagus. Di sepanjang aliran sungai melewati kebun dan pesawahan warga, serta pemukiman yang berada di kawasan kota. Sungai Cimanuk membelah kawasan perkotaan yang memisahkan antara Kecamatan Tarogong Kidul dan Kecamatan Garut Kota, jadi wisata arung jeram merupakan wisata andalan Garut.

Secara umum medan Sungai Cimanuk cukup aman bagi para pehobi arung jeram profesional maupun pemula selain Wisata Arung Jeram Garut ada juga kegiatan wisata seperti River Tubing Sungai Cimanuk dan Wisata Riverboarding.

Jalur arung jeram Sungai Cimanuk meliputi Kampung Padarek Kecamatan Bayongbong – Lapang Faris Kecamatan Tarogong Kidul – Janger atau Patrol Kecamatan Banyuresmi – Leuwigoong – Sasak Beusi Cibatu. Ada banyak penawaran untuk Harga Paket Arung Jeram Garut, salah satunya adalah : Rp. 275.000,- / Orang (Minimal 20 Orang).

Fasilitas yang disediakan Paket Arung Jeram Garut diantaranya adalah : Instruktur/Guide Profesional & Berpengalaman, Tim Rescue Profesional & Berpengalaman, Arung Jeram 1,5 - 2 Jam (7 - 10 Km), Makan Siang, Transportasi Lokal, Safety Prosedure All in, dan Asuransi Kecelakaan. Bagaimana, Sahabat tertarik untuk mencoba.

article

Gallery.

article

Video.