7.2 C
New York
Minggu, 17 Januari 2021
Beranda Informasi Berita Famtrip Kemenparekraf/Baparekrafsebagai pedoman bagi pelaku wisata di Garut agar kembali bergairah dikunjungi...

Famtrip Kemenparekraf/Baparekrafsebagai pedoman bagi pelaku wisata di Garut agar kembali bergairah dikunjungi wisatawan.

Famtrip ini diselenggarakan setelah sebelumnya Kemenparekraf/Baparekraf menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Teknis Kemitraan Strategi Promosi Pariwisata di Era Adaptasi Kebiasaan Baru di Garut. Bimtek itu dimaksudkan untuk kembali menggairahkan sektor pariwisata di Kabupaten Garut yang terdampak imbas pandemi Covid-19. Menurutnya, sebagai obyek wisata unggulan, Kamojang Ecopark sudah barang tentu menjadi pilihan destinasi wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Namun, pandemi Covid-19 mengubah pola kunjungan wisatawan dalam menentukan destinasi wisata.

Sebelum melakukan perjalanan wisata, wisatawan akan menggali informasi apakah destinasi yang akan dituju memenuhi standar protokol kesehatan Covid-19. Mereka memperhatikan aspek kebersihan, kesehatan, keamanan dan keberlangsungan lingkungan hidup. Itu sebabnya Kemenparekraf/Baparekraf menggelar Bimtek sebagai pedoman bagi pelaku wisata di Garut agar kembali bergairah dikunjungi wisatawan.

destinasi wisata yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi adalah Kamojang Ecopark. Destinasi wisata yang terbilang baru ini berada di perbatasan antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung. Lokasinya berada di pegunungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Kamojang. Alamat lengkapnya berada di Jalan Samarang Garut, Cisarua, Samarang, Garut. Lantaran berada di ketinggian, sudah barang tentu udara cukup dingin. Dalam waktu tertentu kabut turun menyelimuti destinasi wisata yang dibuka untuk umum pada dua tahun lalu itu.

Kamojang Ecopark paham betul kebutuhan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata. Selain berbagai macam fasilitas, Kamojang Ecopark juga menawarkan ragam spot selfie Instagrammable yang menjadi kebutuhan baru wisatawan di era digital ini.

Sebut saja misalnya gardu pandang seperti jembatan dengan pemandangan lembah hijau berkabut. Ada pula sepeda gantung, exstrem swing dan ayunan di pinggir tebing, lalu ada penyewaan ATV, Flying Fox dan berbagai fasilitas lainnya. Di Kamojang Ecopark juga terdapat replika balon udara raksasa yang bisa kita naiki. Warna jingga balon udara menambah cantik foto kita di tengah hijaunya suasana hutan pinus.

Kamojang Ecopark juga memiliki taman bunga matahari yang tak kalah sedap di pandang mata. Hamparan bunga berwarna kuning itu sudah barang tentu menambah foto yang kita ambil di sini semakin menarik.

Di Kamojang Ecopark ada beberapa fasilitas unggulan seperti rumah makan yang nuansanya seperti rumah pohon terbuat dari kayu. Ada pula semacam amfitheater. Buat pecinta budaya Jepang, bisa juga menyewa pakaian Jepang seperti kimono untuk sekadar mengabadikannya di kamera ponsel lalu mengunggahnya ke media sosial.

Tak hanya ke Kamojang Ecopark peserta famtrip juga mengunjungi Desa wisata saung ciburial garut berada di Desa sukalaksana kecamatan samarang. Lokasinya di sebuah desa yang jauh dari keramaian kota namun strategis. Berdekatan dengan objek wisata seperti kawah kamojang, Kamojang Eco park, Kamojang green hotel, Kampung sampireun.

Di desa wisata ciburial dinamakan Ciburial karena di kawasan ini terdapat beberapa mata air. Mata air inilah yang menjadikan kawasan ini di namakan Ciburial “Ci’ yang berarti air, Dan “Burial” Yang memiliki makna keluar dari tanah. Mata airnya sangat jernih dan tidak kering meskipun musim sedang kemarau. Desa wisata inilah tempatnya. Nuansa yang di hadirkan di desa wisata ini tidak di buat-buat. Yang di tawarkan di sini murni apa yang ada di desa tersebut tak di lebih-lebihkan. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai macak atraksi dan kesenian seperti pertunjukan adu domba, Pencak silat dan permainan tradisional.

Most Popular

Desa Wisata Mulakeudeu

1. Latar Belakang Desa Wisata Mulakeudeu merupakan Desa Wisata yang terletak di Kp Wisata Mulakeudeu Desa Sukalaksana Kecamatan Sucinaraja Kab....

“Villa “Sadiah di Kp. Tanjung Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut

Villa Sadiah di Kp. Tanjung Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut

Bumi Perkemahan Puncak Sagara

Pesona Garut dengan sejuta keindahan alamnya ayo berwisata ke Garut buat yang suka kemping ada wisata perkemahan di Bumi Perkemahan Saketi Lestari...

Recent Comments