3.4 C
New York
Sabtu, 27 November 2021
Beranda Destinasi Wisata Desa Wisata Desa Wisata Situ Cangkuang

Desa Wisata Situ Cangkuang

Desa Wisata Situ Cangkuang adalah objek wisata yang berada di kp. Lolohan Rt 002/Rw 013 Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut Jawa Barat, letaknya berdampingan dengan Cagar Budaya Candi Cangkuang yang merupakan Candi peninggalan kerajaan Hindu pada abad VIII dan di samping Candi tersebut ada sebuah makam penyebar agama Islam Eyang Embah Dalem Arief Muhammad, selain itu berdampingan pula sebuah Rumah Adat Kampung Pulo, sehingga Desa Wisata Situ Cangkuang bisa dikatakan Desa Wisata yang memiliki sejarah Panjang sejak abad VIII berdasarkan sejarah Candi Cangkuang. 

HrgaHarga Tiket dan Sewa Gazebo

Dengan memiliki sebuah sejarah yang panjang sejak zaman kerajaan Hindu dan bukti makam penyebar agama Islam dan Rumah Adat Kampung pulo, bagi para pengunjung. selain menikamati panorama berwisata di Desa Wisata Situ Cangkuang, pengunjung disajikan untuk menikmati Cagar budaya, yang letaknya berdampingan dengan Desa Wisata Situ Cangkuang hanya menyeberangi Danau/Situ Cangkuang dengan menggunakan rakit yang jaraknya kurang lebih 150 meter. 

Desa Wisata Situ Cangkuang didirikan pada tanggal 16 Februari 2021 dan diresmikan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan pada tanggal 9 Mei 2021, dan Desa Wisata Situ Cangkuang memiliki wahana-wahana yang berkonsep alami dan milenial diantaranya :

  1. Taman Desa Wisata Situ Cangkuang          

Taman Desa Wisata Situ Cangkuang merupakan Taman yang memiliki konsep milenial karena taman tersebut sangat cocok untuk genersi milenial berpoto selfie juga para pegiat media sosial seperti Instagram juga tiktok dan sangat cocok juga bagi para pengunjung yang suka menggunakan jejaring sosial seperti Facebook yang penggunanya merupakan pengguna terbanyak di Indonesia, selain itu cocok pula bagi para Youtuber juga bloger untuk membuat konten, karena di Taman Desa Wisata Situ Cangkuang selain bagus untuk membuat Vlog sangat cocok pula bagi para penulis untuk menggambarkan tentang Desa Wisata Situ Cangkuang dengan tulisan.

2. Dermaga Dewi   

Dermaga Dewi adalah nama sebuah tempat yang lokasinya berada dibawah Taman Desa Wisata Situ Cangkuang, terdapat Gazebo dan untuk menuju Jembatan tersebut kita akan disajikan panorama yang Indah dengan melewati sebuah jembatan yang berada di atas Danau/Situ Cangkuang yang pernah dilewati oleh Menparekraf Sandiaga Uno ketika kunjungannya ke Desa Wisata Situ Cangkuang bersama Wakil Bupati Garut, Kadisparbud juga anggota DPR RI Komisi X. Selain itu disampingnya terdapat warung apung yang menyajikan berbagai makanan tradisonal ciri khas Desa Cangkuang juga makanan siap saji lainnya di samping itu ada sebuah tempat poto selfie yang sangat indah  dan sangat cocok bagi generasi milenial juga generasi sebelum lahirnya milenial yang mengikuti zaman.

3. Situ Cangkuang 

Danau atau Situ Cangkuang merupakan sebuah wisata alami yang dimiliki oleh Cagar Budaya Candi Cangkuang juga Desa Wisata Situ Cangkuang, sehingga dengan keberadaan Danau tersebut menjadi sebuah branding bagi tempat wisata yang berada di Desa Cangkuang baik itu tempat wisata yang dikelola oleh kabupaten maupun Desa. Keindahan Situ Cangkuang identik dengan sarana tranportasi tradisional yaitu Rakit yang sering kita kenal dengan istilah rarakitan atau lalayaran untuk menikmati keindahan wisata di Desa Cangkuang, kecamatan Leles kabupaten Garut.

4. Wisata Air     

Dengan bermodalkan Danau atau Situ Cangkuang, Desa Wisata Situ Cangkuang memanfaatkan danau tersebut sebagai wahana yang berada di Desa Wisata Situ Cangkuang dengan adanya perahu naga dan angsa juga rakit dan lainnya untuk dinikamati para wisatawan juga wisatawati menikmati panorama indahnya wisata alam Danau/Situ Cangkuang yang memiliki sejarah cukup panjang sejak abad VIII dengan bukti adanya Cagar Budaya Candi Cangkuang juga Rumah Adat Kampung Pulo. 

5. Gazebo                                                                                                              

Menparekraf Sandiaga Uno Bersama Wabup Garut di GazeboSandiaga Uno & Wakil Bupati Garut 

Gazebo adalah salah satu fasiilitas dengan ruang terbuka sebagai alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan bersama anggota keluarga juga yang lainnya, Desa Wisata Situ Cangkuang memiliki beberapa Gazebo baik yang lokasinya berada di Taman dan di Dermagai Dewi yang posisinya berada diatas Danau sehingga sangat cocok bagi para pengunjung untuk bersantai menikmati wisata alam Desa Wisata Situ Cangkuang

6. Wisata Kuliner dan Kerajinan Tangan                   

Desa Wisata Situ Cangkuang memiliki wisata kuliner yang sangat khas dengan makanan yang cukup terkenal yaitu Burayot juga makanan tradisional lainnya seperti Bangkerok ketan dan banyak lagi makanan yang bernuansa menyesuaikan kebutuhan zaman sekarang. Selain wisata kuliner kerajinan tangan sangat populer di Desa Wisata Situ Cangkuang seperti kerajinan tangan miniatur Rakit, Candi yang terbuat dari kayu juga bambu selain itu ada juga kerajinan dari Bambu Hitam seperti Cangkir, Gelas, juga lukisan sketsa wajah yang pernah diberikan oleh pengrajin Desa Wisata Situ Cangkuang kepada Menparekraf Sandiaga Uno ketika mengunjungi Desa Wisata Situ Cangkuang dan masih banyak lagi kerajinan tangan lainnya. 

7. Wisata Prokes                                                                 

Sejak melandanya Covid-19 di dunia termasuk Desa Wisata Situ Cangkuang membuat sebuah tempat wisata dengan mengedapankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah supaya para pengunjung lebih aman dan nyaman untuk berwisata, supaya terhindar dari penyebaran Covid-19.yang masih menjadi PR untuk negeri ini. 

8. Lokasi Wisata                                                             

Lokasi Desa Wisata Situ Cangkuang memiliki tempat yang strategis selain letakanya berdekatan dengan Cagar Budaya Candi Cangkuang dan bagi para pengunjung cukup mudah untuk mengunjungi tempat wisata yang berada di Desa Cangkuang ini, karena letaknya tidak jauh dari jalan raya utama Bandung-Garut juga stasiun Kereta Api Leles dan Karangsari.  

9. Tabel Harga Paket Berwisata

                                       Paket 1

                                       Paket 2 

Garut merupakan sebuah kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata di negeri ini, dan Desa Wisata Situ Cangkuang merupakan obyek wisata yang sangat cocok bagi para pengunjung untuk berwisata di kabupaten Garut, karena rekomendasi sekali untuk berwisata bersama keluarga juga yang lainnya sekedar menikmati suasana yang bernuansa alam dan milenial.

Most Popular

Ngaguar Budaya Karuhun (NGABUKA) Garut

Dalam rangka melestarikan budaya di Kabupaten Garut, Yayasan Putra Garuda Utama Natanegara menggelar acara Ngabuka (Ngaguar Budaya Karuhun) Garut yang diselenggarakan di Gedung Art...

Forum Diskusi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Komunikasi Krisis Pariwisata

Bupati Garut H. Rudy Gunawan Membuka Forum diskusi  Pemanfaatan Media Sosial Untuk Komunikasi Krisis Pariwisata yang diselenggarakan di Hotel Harmoni Garut Jumat, 5 November...

Kejurnas Balap Sepeda ICF Nasional Championship dan Sport Tourism 2021

Bupati Rudy Gunawan dan Wakil Ketua Umum PB (Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia) ISSI, Andrianto Soedjarwo secara resmi membuka gelaran Kejurnas Balap Sepeda...

Recent Comments