16.9 C
New York
Kamis, 14 Oktober 2021
Beranda Destinasi Wisata Desa Wisata Desa Wisata Sindang Kasih

Desa Wisata Sindang Kasih

Indonesia memiliki banyak pilihan desa wisata yang patut dikunjungi, salah satunya adalah Desa Wisata Sindangkasih Garut.

Selama berada di sana, wisatawan bisa menikmati beragam pilihan kegiatan wisata menarik, misalnya river tubing yang dibagi menjadi dua kategori. Untuk orang dewasa, mereka akan dibawa meyusuri sungai sepanjang 750 meter sementara anak-anak akan dibawa melintasi tre sepanjang 500 meter.

Kendati demikian, wisatawan tidak bisa river tubing pada musim hujan. Sebab, arus sungai akan cukup deras saat musim hujan, sehingga dirasa kurang aman. Makan sambil karaoke pinggir sungai Jika lapar, pengunjung bisa rehat sejenak untuk kulineran paket Nasi Timbel atau Nasi Biasa. Harga dari masing-masing paket adalah Rp 17.000 dan Rp 19.000. Untuk paket Nasi Timbel, wisatawan dapat menyantap ayam goreng/bakar, ikan asin kakap/jambal roti, tahu dan tempe goreng, serta sambal lalap.

Desa Wisata Sindangkasih lebih menjual suasana alam yang masih asri dan bebas polusi. Oleh karena itu, hampir setiap sudut di sana dapat dijadikan sebagai spot foto bagi mereka yang juga ingin menikmati pemandangan. Kendati demikian, pihak tempat wisata juga telah menyediakan beberapa spot foto, seperti Sasak Panyawangan yang dibuat pribadi dan beberapa spot yang dikelola Desa Wisata Sindangkasih.

Desa Wisata Sindangkasih berlokasi di Jalan Garut-Tasik kilometer (km) 16, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000 per orang dewasa dan Rp 3.000 per anak. Harga river tubing adalah Rp 35.000 per orang dewasa dan Rp 20.000 per anak.

Adapun, harga tersebut hanya untuk dua putaran river tubing. Jika ingin menambah putaran, biayanya adalah Rp 15.000 per orang dewasa dan Rp 10.000 per anak. Desa Wisata Sindangkasih telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar termasuk pemeriksaan suhu tubuh, serta kewajiban cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak bagi pengunjung.

Rute menuju Desa Wisata Sindangkasih Desa Wisata Sindangkasih berlokasi di Jalan Garut-Tasik kilometer (km)16, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya terbilang cukup dekat dari pusat kota lantaran jarak dari Alun-alun Garut di Jalan Ahmad Yani nomor 22, Kecamatan Garut Kota hanya sekitar 15,7 km saja.

Jika menggunakan mobil, waktu tempuh menuju tempat wisata hanya sekitar 31 menit via Jalan Garut-Tasik. Namun, waktu tempuh tergantung situasi dan kondisi jalanan apakah ada kemacetan atau tidak. Mulai perjalanan ke tempat wisata Sebelum memulai perjalanan, pastikan lokasimu dekat dengan Masjid Agung Garut yang letaknya tidak jauh dari alun-alun. Jika sudah menemukannya, pastikan letak masjid berada pada sebelah kiri kendaraan. Setelah posisi masjid benar, mulailah perjalanan dengan berjalan lurus mentok kemudian belok kiri.

Profil Desa Wisata Sindang Kasih

Desa/Kelurahan/Kampung : Sukamaju
Kecamatan/ Distrik : Cilawu
Kabupaten/Kota : Garut
Provinsi : Jawa Barat
Contact Person & Hp : Marwan 081220320955

 

Daya Tarik Wisata Desa Sindang Kasih antara lain adalah Arung Jeram, Susur Lembur, Bangunan Sejarah Goa Peninggalan Hindia Belanda /Banker. Seni Budaya nya antara lain Calung, Seni Jaipong, Silat, Marawis, dll. Sedangkan Wisata edukasi dan Kuliner roses Pembuatan Gula Bojongloa, makanan tradisional umbi-umbian.

Most Popular

KUNJUNGAN MURID – MURID SEKOLAH DASAR SUKAWENING KE MUSEUM RAA. ADIWIDJAJA

Murid  Sekolah Dasar (SD) kelas 1 sampai kelas 6  dari Kecamatan Sukawening secara bergiliran mendapat pelajaran berharga akan sejarah leluhur dan sejarah dari Kabupaten...

Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Wakil Bupati Garut, H Helmi Budiman menghadiri acara Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata yang merupakan kegiatan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, di...

Forum Diskusi Kreatif Kriya Kulit Dalam Upaya Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan

Kemenparekraf RI bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Garut menyelenggarakan Forum Diskusi Kreatif Kriya Kulit Dalam Upaya Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan. Pada acara...

Recent Comments