18.9 C
New York
Sabtu, 15 Mei 2021
Beranda Destinasi Wisata Desa Wisata Cangkuang

Desa Wisata Cangkuang

 

Candi Cangkuang ini sendiri merupakan sebuah Candi Hindu yang berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Candi Cangkuang merupakan Candi Hindu satu-satunya di Jawa Barat. Satu hal yang menarik di Candi Cangkuang adalah lokasi candi terletak di sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh danau. Untuk menuju candi, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 250 meter dengan menggunakan perahu tradisional.

Selain peninggalan kebudayaan Hindu yang berupa candi, Desa Cangkuang juga memiliki keunikan lainnya yakni terdapat makam salah seorang penyebar agama Islam bernama Arief Muhammad.

Menurut sejarah, beliau adalah seorang prajurit yang melawan penjajah dan mengalami kegagalan dalam perang. Namun, beliau tidak kembali ke kampung halamannya, tetapi memutuskan untuk bermukim dan menyebarkan agama Islam kepada penduduk sekitar.

Sebuah museum yang di dalamnya terdapat Al-Quran dengan media kulit kayu, buku fiqih, lukisan dan peninggalan kuno lainnya menjadi bukti otentik akan keberadaan Arief Muhammad.

Lokasi menarik lainnya untuk tujuan wisata di Desa Cangkuang adalah Kampung Pulo. Kampung Pulo memiliki keunikan tersendiri yakni menjaga kebudayaan dan adat istiadat dengan peraturan-peraturan yang tidak boleh dilanggar.

Beberapa peraturan seperti tidak boleh beternak hewan berkaki empat, karena konon masyarakat Kampung Pulo sangat menjaga kebersihan. Selain bentuk dan jumlah rumah, peraturan lainnya yakni tidak boleh adanya dua kepala keluarga dalam satu atap.

Ada pula peraturan tidak boleh memukul gong yang terbuat dari perunggu. Asal-usul aturan ini karena pada saat terjadi perayaan besar dengan hiburan tradisional, di dalamnya terdapat gong besar, lalu datanglah angin beliung dan menewaskan anak dari Eyang Arif Muhammad.

Berita berikutnyaTegal Panjang Garut

Most Popular

Bimbingan teknis Strategi Komunikasi Peningkatan Hubungan Kerjasama dengan Mitra Kerja

Pada 27 April 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Biro Komunikasi Sekretariat Kementerian mengadakan bimbingan teknis tentang Strategi Komunikasi Peningkatan Hubungan...

Pemutaran Film

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mensosialisasikan nilai-nilai budaya bangsa yang harus dijaga oleh seluruh elemen masyarakat melalui kegiatan nonton bersama film layar...

Recent Comments