16.8 C
New York
Rabu, 14 April 2021

Chocodot

Anda Mungkin sudah mengenal dengan Coklat dari Swiss dengan merk ternama. Namun pernahkah Anda mendengar olahan coklat dengan nama Chocodot. Apa ini merek Coklat dari luar negeri ? Oh bukan ini asli buatan dari dalam negeri, tepatnya buah tangan dari Garut, Jawa Barat.

Bahkan ada sebutan, kalau Bandung kita kenal dengan sebutan paris van java, begitu juga dengan Garut orang-orang sering menyebutnya dengan sebutan swiss van java. Kenapa di sebut demikian karena Garut termasuk area yang di kelilingi oleh gunung-gunung yang sangat sejuk di pandang mata seperti halnya keadaan topografis di negara Swiss yang memiliki banyak areal pegunungan.

Tetapi dalam perkembangannya ternyata dunia kuliner di Garut melalui banyak sekali perkembangan, ini terbukti dengan munculnya jenis makanan baru yang dinamakan Chocodot (dibaca: cokodot.) singkatan dari Chocolate with dodol Garut. jenis makanan ini muncul dari ide brilian seorang ahli kuliner asli putra Garut yang bernama Kiki Gumelar.

Beliau membuat terobosan baru dengan dasar pemikiran ingin membuat jenis makanan baru tanpa harus meninggalkan tradisi makanan khas Garut (dodol) , maka terciptalah Chocodot. Pada dasarnya bahan yang di gunakan terdiri dari dua jenis coklat, yaitu dark chocolate dan white milk chocolate kemudian secara garis besar bahan coklat ini di kombinasi dengan bahan dodol asli Garut.

Chocodot dikemas dengan menarik dan modern dibungkus denga berbagai variasi dari bingkisan, batangan dan bentuk seprti parsel lebaran. Selain itu Chocodot memiliki variasi edisi/jenis Chocodot, yaitu: Chocodot Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, Gunung Guntur, Gunung Haruman, Gunung Talaga Bodas, Cipanas, dan Candi Cangkuang.

Berita berikutnyaTegal Panjang Garut

Most Popular

Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia Tingkat Jawa Barat(FEKDI JABAR)

Jum'at 9 April 2021 Kabupaten Garut bertempat di Pendopo Kabupaten Garut pada acara Deklarasi Pembentukan TP2DD dalam Rangka Sinergi dan Akselerasi...

Diskusi Dan Pemutaran Film Pendek

Pada 5 April 2021, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut mengadakan acara Diskusi...

Festival Kesenian Bangreng

Pada 2-4 April 2021, Disparbud Kabupaten Garut mengadakan Lomba Kesenian Tradisional Bangreng se-Kecamatan Cilawu yang merupakan bagian dari Festival Kebudayaan. Acara ini...

Recent Comments